BERSUJUD KEPADA ALLAH

BERSUJUD KEPADA ALLAH



"Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu, mencintai apa-apa yang mendekatkanku untuk mencintai-Mu. Ya Allah, jadikanlah mencintai-Mu lebih aku cintai daripada mencintai diriku, keluargaku dan daripada mencintai air yang segar"

Bulan Rajab dimuliakan oleh Allah Swt. Inilah bulan yang dipenuhi dengan shalat. Semoga shalat yang kita dirikan bisa menjadikan kita mi'raj secara ruhani. Setiap hari kita ikrarkan :WajjaHtu wajhiya lilladzii fathoros samaa waati wal ardh.Pangersa Abah telah mengajarkan dan membimbing kita bagaimana supaya hati ini selalu ingat kepada Allah, menghadap kepadanya, bertawajuh dalam setiap keadaan.

Menghadapkan wajah kita ke Ka'bah baitullah dalam shalat telah diatur dalam ilmu fiqih. Sedangkan ulama ahli dzikir dalam Tafsir 'Isyari mengatakan bahwa menghadapkan wajah dalam ayat tersebut adalah menghadapkan hati kita kepada Allah Swt. Alhamdulillah, kita telah dipertemukan dengan Pangersa Abah Anom sehingga kita bisa melaksanakan shalat secara jasmani dan shalat secara ruhani. Meskipun, lebih banyak lupanya kepada Allah dari pada ingatnya.

Mendekatkan diri kepada Allah (Taqorrub ilalah) diperintahkan oleh Allah dalam surat al-'Alaq ayat terakhir (19): ... wasjud waqtarib (... Dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan). Sujud secara syariat menurut ilmu fiqih adalah tujuh anggota badan kita dihadapkan ke kiblat yaitu dahi menempel ke bumi, 2 telapak tangan, 2 lutut dan 2 kaki yang jari-jarinya dihadapkan ke kiblat. Tapi apakah dalah sujud tersebut kita sudah dekat dengan Allah? Pangersa Abah dalam kitabnya Miftahus shuduur menerangkan tentang makna dekat (taqorrub, qurbah) seorang hamba kepada Allah. Seseorang dikatakan jauh dari Allah bukan karena jaraknya yang jauh tapi lupa kepada Allah itulah jauh. Dan dekat kepada Allah juga bukan diukur dengan jarak. Dimana hati seseorang ingat (hadhir) kepada Allah (tawajuh), berarti dia sedang dekat kepada Allah. Sehingga ada orang yang sujud badannya, sujud pula hatinya (ingat kepada Allah). Ada pula orang yang tidak sedang sujud badannya (sedang di pasar, di kantor, di kebun dll.) tapi hatinya selalu ingat kepada Allah maka dia sedang dekat kepada Allah. Ada pula orang yang sujud badannya tapi tidak ingat hatinya kepada Allah berarti dia lupa kepada Allah, tidak dekat kepada Allah. Alhamdulillah, kita telah ditunjukkan oleh Pangersa Abah untuk menjadi orang yang pertama dan kedua.

Rasulullah Saw. bersabda : Posisi seorang hamba yang terdekat antara dia dan tuhannya yaitu ketika bersujud.

0 Response to "BERSUJUD KEPADA ALLAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel